Hmm. . .
*garuk-garuk kepala bingung*
Mulai dari mana ya?
Yah intinya saya tidak akan memaksa orang-orang yang membaca di blog saya untuk selalu meninggalkan jejak! Karena saya orangnya ramah, baik hati dan tidak sombong
*PLAK*
(Abaikan)
Karena sya tau ada beberapa faktor yg membuat kalian sebagai silent reader, contohnya:
1. Males
Terkadang ada sebagian org yang males untuk ngetik komentar (trmasuk sya kadang-kadang).
2. Cerita nggak menarik
Begitu view and baca eh ceritanya nggak menarik jadi apa yang harus dikomentari? Dikasih kritik katanya nggak tau diri, dikasih pujian… fake donk! Sedangkan bagus atau tidak bagusnya sebuah cerita itu tergantung dari pmbacanya sendiri, syukur-syukur kalau baca sampek habis, kalau langsung diclose di tengah jalan? Otomatis tidak akan ada komentar!
3. Ngirit pulsa
Nah buat lo-lo yang inet pakek hp, terutama yang nggak beli paketan inet, bakal sangat menghargai banget yang namanya pulsa! Kebanyakan pemilik penyakit ini anak-anak yang masih sekolah. Daripada lama-lama buat ngetik coment mending buat baca yang lain.
4. Aplikasi eror
Ini ne, biasanya terjadi pada pengguna inet lewat mobile seperti saya. Udah ngetik comment panjang X lebar, eh ternyata ada something yang mengakibatkan tu comment nggak bisa muncul. Sebel deh jadinya… Bersyukur banget kalau yang bersangkutan mau ngulang ngetik lagi, tapi kalau tetep nggak bisa? Ya sudah, bukan salah orangnya!
5. Gak coment itu hak!
Comment ato gak comment itu hak setiap orang, seinget saya gak ada undang-undang yang ngatur setiap orang harus comment dalam dunia tulis. Jadi alasan utama saya (catat: SAYA!) Membuat blog adalah agar orang bisa membaca apa yang saya tulis (kalau ada yang mau baca sih) bukan untuk mengomentari, jadi mau comment atau gak comment, bagiku no problem!

Jadi menurut saya comment itu adalah hak stiap manusia *halah*
Karena saya g suka dipaksa, jadi saya juga nggak mau maksa, dan saya gak akan mempermasalahin yang namanya silent readers.
Karna saya tidak mau reader memberi semangat atau menghargai karya saya dengan terPAKSA, justru itu merupakan motivasi buat saya bagaimana caranya untuk membuat karya yang bagus agar para reader yang tadinya silent jadi gak silent, bukankah itu suatu kebanggaan?
Dan ada atau tidak ada readers yang membaca karya saya, ada atau tidak adanya comment, saya akan tetap menulis, sampai mati pun saya akan menulis, karena menulis adalah hidup saya!!!
[semangat penulis Han Ji Eun di fullhouse]

Tapi tetap, saya akan berterima kasih sekali pada yang sudah coment di blog ini.  Saya sangat senang sekali jika ada yang memberikan comment karena dengan comment kalian, saya jadi tau apakah tulisan saya disukai atau tidak. Bisa saling memberikan pelajaran, kritik atau saran, bahkan diskusi.

Terima kasih untuk semua readers yang sudah membaca tulisan saya.

So what do you think about this?