Kalian punya idola kpop? Pasti punya,

Bagaimana kalian dengan idola kalian? Memuja? Mencintai? Menyayangi? Itu juga pasti karna akupun begitu. Namun, dibalik tindakan yang dilakukan untuk menunjukkan itu semua, terkadang ada yang merugikan orang lain.

Ada yang menyebut kita adalah keluarga besar kpop karna aku dan kalian sama-sama mencintai idola kpop. Namun mengapa yang kulihat didunia kpop hanya ada teriakan caci maki, teriakan tidak terima bila sang idola di maki, dicaci lalu bergantian memaki dan mencaci idola lain. Sangat menyedihkan. . .

Tidakkah kalian ingat, tuhan menciptakan sesuatu berpasang-pasangan. Ada cinta, juga ada benci. Saat ada orang lain membenci idola kita, itu wajar karna kitapun pasti memiliki sosok lain untuk dibenci. Ada orang lain yang memaki idola kita, itu juga wajar karna kitapun pasti pernah memaki idola lain yang kita benci.

Rasa itu hak setiap manusia, belum tentu apa yang kita anggap bagus, dianggap bagus juga oleh orang lain. Aku adalah elf, dan mungkin diantara kalian juga ada yang elf. Apa yang kalian lakukan saat ada orang lain bilang “suju itu nggak keren, suka lipsing, kenapa nggak mati aja mereka,”

Marah? Emosi? Balas memaki? Jika aku, aku akan diam. Kenapa? Karna aku juga sadar bahwa aku pernah mengatakan hal serupa seperti “snsd itu menjijikkan, ngelihat gayanya aja bikin muntah,”

Itulah sebabnya aku hanya diam jika ada yang mengatai suju seperti itu.

Diam bukan berarti menerima, diam juga bukan berarti kalah namun diam dapat meredam semuanya. Bukan dengan balas memaki cara kita melindungi idola kita, bukan dengan adu mulut cara kita menunjukkan rasa cinta, sama sekali bukan. . .

Cukup dengan menjaga nama baik idola kita, menunjukkan bahwa kita manusia berpendidikan yang punya sopan santun, menunjukkan bahwa kita adalah fans yang ramah dan bukan lebay, menunjukkan bahwa kita terlihat baik dimata fans idola lain, bahkan dimata antis, itu sudah cukup.

Mereka ‘antis’ tidak tau apa-apa, yang mengenal idola kita adalah kita sendiri, jadi untuk apa marah-marah membuang waktu dan tenaga untuk hal yang tidak akan dimengerti oleh mereka? Yang ada, mereka akan mengecap kita sebagai orang yang tidak punya pendidikan dan orang yang lebay.

Satu yang sudah dilupakan. Apa yang kalian lihat dari idola kalian? Karna aku seorang elf, aku melihat bahwa suju itu penuh dengan cinta dan kekeluargaan, penuh dengan kasih sayang. Dan itu yang ingin aku lihat pada Elf. Bukankah akan terlihat sempurna jika elf bersatu, selain untuk mendukung super junior, juga untuk memperlihatkan dimata dunia jika kami adalah teman super junior yang ramah, baik, dan tidak lebay!!

Contoh saat kasus lee sooman yang bertindak pilih kasih. Jika kau bertanya apa yang kurasakan? Maka aku akan menjawab ‘aku bangga dengan super junior!’ kenapa? ‘karna selama ini mereka bekerja atas usaha dan kemampuan sendiri, dan hal itu menunjukkan bahwa mereka bukan ‘nothing’ bahkan aku akan berterima kasih kepada lee sooman, karna dia super junior ada, karna dia juga super junior menjadi mandiri, kecewa itu pasti, namun hal positif yang terlihat adalah super junior mampu karna diri mereka sendiri!’ itulah yang kulihat, bukan dengan mencaci lee sooman, mencaci SM entertaiment.

Jika kau tidak suka, diamlah dan abaikan. Lakukanlah hal yang lebih berguna untuk mendukung idola sendiri, bukan malah menghabiskan waktu untuk mencaci idola lain, atau fandom lain.

Ada yang tidak suka saya menulis seperti ini? Saya mohon maaf, karna saya hanya sedih melihat dunia kpop yang penuh musik, cinta, dan kebersamaan terlihat rusuh karna fandomnya. Dan saya hanya berharap kita sesama kpop, dapat berbagi cerita, mengenalkan sesuatu yang positif, bukan malah saling menghina dan mencaci, juga bukan dengan meratapi idola kita yang tidak disukai orang lain. Jadikan itu semua sebagai motivasi untuk terus berkarya positif, menunjukkan bahwa kita bukan ‘nothing’ dengan cara yang positif.

Karna kita itu fandom sebuah idola, saat kita melakukan kesalahan, maka mereka akan mengecap satu orang untuk semua. Karna itu, aku sangat berharap kita dapat melihat kasus-kasus yang terjadi dengan kepala dingin dan positif. Diam mengamati dan menutup mulut mempelajari sebuah masalah, bukan dengan mulut ngablak dan pikiran labil.

Kalian punya otak bukan? Mari kita gunakan otak itu untuk hal yang berguna!!

harapanku dunia kpop tidak diwarnai dengan caci maki lagi, tidak dipenuhi dengan teriakan makian, harapanku dunia kpop menjadi dunia yang indah penuh cinta dan music. . .