Tags

Everlasting Friends… tidakkah kalian bangga dengan nama itu?? faktanya, selain keluarga, teman adalah orang yang paling dekat dengan kita, orang yang paling kita butuhkan. tidak usah bermimpi untuk menjadi ratu bagi super junior. tidakkah kalian tau berapa jauh batasan terhadap seorang ratu?? cukup dengan kata TEMAN. dengan teman kita bisa mengungkapkan isi hati masing-masing. bahkan tidak jarang apa yang diketahui teman tidak diketahui oleh keluarga. ya, teman… orang yang sebenarnya paling dekat dengan kita. tanpa batasan, tanpa kata putus, dan kita akan terus melangkah bersama-sama. sebagai ELF teman dari Super Junior. Kami bukanlah the biggest fandom atau ini itu, kami hanyalah teman selamanya dari super junior.

-vea

983603_199967160153946_228880030_n

Dear ELFs , apa kalian tahu, nama kita ini diberikan oleh Leader Park Jung Soo ?

URI LEADER!!! Adakah orang lain memberikan nama kepada fansnya seperti Uri Leader menyebut kita EVERLASTING FRIEND?

Kau tahu apa makna EVERLASTING FRIEND ?

Teman selamanya , bukankah menjadi teman untuk selamanya itu lebih berarti daripada menjadi fan ?

Daripada menyebut dan menjadikan kita sekedar penggemar, mereka menyebut kita teman untuk selamanya . Indah bukan , EVERLASTING FRIEND – dua kata ini terdengar begitu tulus.

Bukankah kalian bangga mengenal mereka, sebuah grup yang berbeda dengan grup lain. Saat Grup lain tumbuh dari promosi yang besar-besaran, Super Junior kita tumbuh dan mengawali ini semua dari rasa sakit .

Super Junior kita hanya dijadikan sebuah project Group bernama Super Junior 05 , kalian tahu apa artinya Project Group? Sebuah Group yang akan mengalami pergantian member tiap tahun dan akan bubar sewaktu-waktu bila tak bisa memasuki pasar.

Dan sekarang lihatlah, sebuah Project Group itu kini dikenal di seluruh dunia !!!

TIDAKKAH KALIAN BANGGA? Rasa sakit kita berganti menjadi rasa puas, air mata kesedihan kita berubah menjadi airmata haru.

Kalian malu menyebut diri kalian ELF? Kalian malu mencintai idola kuno, mencintai kumpulan-kumpulan orang yang tidak begitu menarik di panggung dengan usia yang sudah tua? Kalian malu?

Tapi aku tidak !

Karena hanya Super Juniorku melakukan apa yang tidak dilakukan orang lain dan ia adalah cinta pertamaku . Mereka membuatku mengenal yang lain. Mereka membuatku mengenal kalian dari berbagai Negara . Mereka membuatku belajar bahasa asing . Mereka memberiku semangat dalam keseharianku.

Adakah kalian temukan sebuah grup yang sangat erat seperti ini? Yang menangis saat jumlah angka di panggung tidaklah lengkap, yang terus meyakinkan para fans nya bahwa mereka baik-baik saja .

Siapa kah yang memperkenalkan diri pada fans sebagai Kangin , Kibum dan Hangeng di atas panggung saat mereka bertiga tidak hadir? Dia Leader kita , Park Jung Soo – The best Leader ever !!!

Hanya ada 10 orang di panggung kemudian Leeteuk kita mengambil langkah ke samping, meloncat ke kiri dan berkata “namaku Kim Ki Bum “ , mengambil langkah lagi “namaku Kangin ” dan sekali langkah terakhir “namaku Hankyung” .

Tidakkah kalian menangis??? Apa maksudnya??? kalian tahu?

Dia meyakinkan kita bahwa Super Junior bukanlah 10 orang melainkan 13 orang !

“Should I pluck the stars for you, count them

One, two, three

With the stars we’ve lost

We are thirteen stars (kami adalah 13 bintang)

Super Junior is only missing ‘man’ from the name of superman “ – Superman Lyric

Apa kalian tahu saat HeeChul tidak keluar kamar sama sekali setelah kepergian Hankyung? Kemudian HeeChul menundukkan wajahnya, menutup mukanya di panggung dan menyanyi sambil duduk, setelah itu ia mendongak dan wajahnya tampak basah. Ia lari ke belakang panggung terlebih dahulu, tidak ingin ELF melihatnya , tak ingin melihat kesedihannya. Saat itu kita tahu, Ia merindukan HanKyung.

“Kyuhyun , sembuhlah, aku berjanji kalau kau sembuh maka tidak masalah jika tiap hari kau menjahiliku” siapa yang mengucapkan ini sambil menangis?wajahnya menunduk dan buliran airmatanya terus berjatuhan saat KyuHyun mengalami kecelakaan parah tahun 2007 silam? Dia Yesung kita!!! Kim Jong Woon!!! Bukankah ini membuat airmata kita jatuh juga, tulang rusuk Kyuhyun patah dan divonis sudah tidak bisa bernyanyi lagi, atau kemungkinan lain ialah ia akan mati.

Semua member menangis saat itu dan apa kalian tahu saat tampil di panggung pun EunHyuk kita, Lee Hyuk Jae kita menangis melihat seorang ELF membawa banner “Get Well Soon KyuHyun opaa” .

Saat kalian menonton idola kalian di panggung, bukankah kalian akan membawa banner bertuliskan kalimat pujian untuk idola kalian?

Tapi elf melakukan yang lain , …

Kita membawa tulisan dan doa , kita berdoa agar Kyuhyun kita cepat sembuh

Saat semua orang sibuk menyanyi, seseorang menarik diri dari kerumunan dan membungkuk di hadapan fans saat itu, ia membungkuk 90 derajat, ia berterimakasih pada kita, kalian tahu siapa? ITU PARK JUNG SOO !! LEADER KITA!! LEADER unggulan yang selalu bersikap baik-baik saja meskipun ia jatuh sakit!

Adakah orang lain yang meminta maaf atas kesalahan yang tidak ia perbuat di Chin Chin radio? Dia adalah KANGIN , KIM YOUNG WOON kita !! Bukankah berjiwa besar, bahkan ia meminta maaf pada para pendengar radio atas kesalahan yang sebenarnya dibuat teman siarannya saat itu.

Bukankah kita bangga memiliki SHIN DONG kita, seorang pekerja keras yang rendah hati. Ia selalu berkata bahwa ia tak pantas berada di dalam Group ini, tapi kita semua tahu bahwa dia layak di sini . Dia pintar dance, dia juga bisa bernyanyi. Apa kalian menemukan orang lain yang merendah seperti ini? Sungguh, aku bangga menjadi everlasting friend untuk super junior .

Kibum selalu merasa bahwa ia hanyalah anak cover Super Junior, ia selalu merasa ia jauh lebih buruk dari pada yang lain. Dia tidak pernah menyombongkan diri akan kemampuan yang ia punya. Bahkan setiap hari minggu setelah pulang ke Gereja pun ia menyempatkan latihan vocal lagi, ia ingin bisa bernyanyi seperti yang lain. Dear ELF, bukankah kalian harusnya bangga mengenal orang penuh talenta tapi ia merasa sangat kecil seperti ini? Hanya KI BUM!! Ki Bum superjunior!!

Aku tak bisa menyebutkan satu persatu , semua kenangan mereka membuatku ingin menangis dan membuatku menyesal kenapa aku pernah berusaha melupakan mereka.

Kyuhyun berkata “ Super Junior itu di awali dari LeeTeuk dan diakhiri dengan ELFs”

Leeteuk berkata “Super Junior tumbuh dari cinta ELF dan masyarakat, bukan dari cinta yang lain”

YA!! BENAR sekali , Super Junior kita bertahan karena cinta dari ELF . Apa kalian pikir management mereka akan mempertahankan SJ bila tidak ada ELF? Tidak! Selama 6 tahun ini pun, lihatlah … bukankah peran ELF dan BROADCAST management mereka LEBIH PEDULI dengan SJ daripada perusahaan mereka sendiri? Apa kalian pikir pesawat yang dimiliki anak suju berasal dari SM? Tidak! Pesawat itu hadiah dari Broadcast management Super Junior. Kami sangat berterimakasih kepada BroadCast management .

Super Junior adalah satu-satunya artist SM ent yang angkat bicara masalah perbudakan kontrak!! SATU-SATUNYA !! apa yang lain juga berbicara? -TIDAK !

Lalu kita semua telah sakit hati mendengar kabar ketidak adilan perusahaan terhadap SJ kita, bukan hanya itu tapi komentar pedas dari Lee Soo Man mengenai suju pun menyakiti kita. Jadi begitukah? SJ didebutkan karena ‘kasihan’ ?

Dan mari kita tunjukan pada mereka bahwa ini tidak benar !! Apa kalian fikir kita bertahan karena belas kasihan? TIDAK !!!

Kalian tahu, ELFs ?? SUJU kita bertahan hingga tahun ke-tujuh. INI HEBAT, DAEBAK!!! Kita memecahkan rekor kutukan 5 tahun dalam SM entertainment !!! INI KARENA KALIAN , ELFs .

EVERLASTING FRIENDS …

Tidak kah kalian bangga dengan SIWON kita , bahkan ia mengucapkan ucapan bela sungkawa kepada fan yang meninggal dunia . Apa artist lain melakukan ini juga?

Katakan padaku, apa kalian bangga dengan SUPER JUNIOR ?? Saat artist lain menyebut penggmarnya dengan sebutan ‘fans kami’ , SJ kita lebih memilih untuk menyebut diri kita “ELF YEOROBUN” . Suju kita sering bukan mengucapkan selamat tidur, selamat pagi kepada kita ? mereka ramah sekali bukan, bahkan tak Cuma berkata “Good night fans” tetapi “Good night ELFs”

Di saat Super Show berlangsung, apakah member SUJU kita berlaku jaim? TIDAK!! Mereka selalu tampil apa adanya . Bahkan satu persatu member mengucapkan “ Saranghae ELF , saranghaeyo ELF , Wo ai ni ELF, ELF I LOVE YOU”

Mereka selalu menyebut nama kita, selalu berterimakasih terhadap kita, selalu ELF , ELF dan ELF yang disebut!!

Dan tahun kemarin saat mereka kalah dalam GDA, leeteuk kita menangis. Kita tahu setelah itu member suju meminta maaf kepada kita “maaf, kami akan berusaha lebih baik, fighting!” . Airmata yang tak seharusnya jatuh itu hanya karena mereka takut membuat ELF kecewa. SEE ELFs !! Mereka sangat mencintai kita.

SJ kita berjalan ke seluruh sudut panggung lalu membungkukkan badan, mereka sangat berterimakasih terhadap kehadiran dan dukungan kita.

Bahkan mereka berteriak kepada salah satu penonton yang merupakan seorang nenek tua di situ , member SJ berkata “terimakasih nenek atas kehadirannya, kami mencintaimu”

ELFs, apa kalian tahu? Saat pertama kali SUJU memenangkan award, kalimat pertama yang di ucapkan DongHae kita adalah “ayah, aku harap kau sehat” . Siapa yang bisa melakukan ini? Bahkan DongHae kembali ke panggung setelah 2 hari ayahnya meninggal . Hanya seorang Lee Dong Hae dari Super Junior yang bisa melakukan ini.

Semua sakit yang kita lewati bersama, biarkan menjadi sebuah kenangan yang indah. Apa kalian sudah jenuh dengan Super Junior? Apa kalian letih melihat jumlah angka yang tidak genap? Bukan hanya kalian, suju kita pun sakit hati. Tapi bukankah mereka selalu meyakinkan pada kita bahwa selamanya suju tetaplah 13 ?

HANYA ELF YANG BISA MELAKUKAN INI …!!

Di saat fans lain membuatkan satu atau dua buah lagu untuk idolanya, maka ELF kita membuatkan SATU ALBUM PENUH .

ELF bahkan membeli 0,1 persen saham di SM entertainment sejak Henry tampil di video don’t don, bukankah kita sangat ingin ikut andiil menyangkut apapun terkait SJ kita? Saat itu kita khawatir SJ akan bertambah member lagi dan kita bersama membuat project “protect 13”

Hanya ELF yang bisa membuat 13 member SUJU menangis tanpa kecuali saat kalian semua satu stadion menyanyikan lagu MARRY YOU sampai selesai .

Hanya ELF yang bisa membuat janji paling indah , 13elieve in their prom15e …

Hanya ELF yang rela berhari-hari digigit nyamuk karena membuat tenda di dekat dorm suju …

Hanya ELF yang bisa membuat SWALAYAN BESAR di korea menampilkan tulisan dukungan untuk 4jib super junior, bonamana …

Hanya ELF yang bisa membuat seorang anak kecil tunanetra bermain piano dan menyanyikan lagu SHINING STAR …

Hanya ELF …

Hanya kita …

kalian tahu apa tulisan dalam handuk yang dipegang leader kita ini ?

Handuk ini bertuliskan “SUJU RULES THE WORLD” , kalian mengerti kan apa maksudnya? SUPER JUNIOR WILL NOT STOP UNTIL SHAPPIRE BLUE COVERS THE WORLD !!!

ketika Leeteuk ditanya , “apa yang akan kamu lakukan akhir tahun ini” kemudian ia menjawab “menerima penghargaan”

CR : HEEQUEENTING

Mari kita sama-sama ciptakan keajaiban lain, ELF dan SUPER JUNIOR adalah KEAJAIBAN~

Our scale is the best and our scale is the best

Everything has to be the best

Super Junior is only missing the ‘man’ from the name of ‘superman’

Our passion is the best and our concentration is the best

Who would be able to say we’ve finished

Super Junior is only missing the ‘man’ from the name of ‘superman’

Even if the road we walk is barren,

We are in the end, Super Junior

THE LAST MAN STANDING!

Semoga catatan ini sedikit membuat kalian mengingat OUR 13 MIRACLE BOYS , dan membuat kalian semakin mencintai suju. Please, jangan lupakan Hangeng dan Kibum kita. dukung mereka seperti kita dukung oppadeul yang lainnya. mereka jauh bukan berarti mereka jauh dari hati kita. mereka akan selalu dekat dengan kita karena SUPER JUNIOR dan ELF adalah SATU.

—————–

Take it from Always be Petal, via: elfetalshawol
repost by : ELF (Everlasting Friends) for Super Junior Lovers Indonesia

Aku terus membaca postingan beberapa ELF yang mengungkapkan betapa bahagianya mereka bahwa selama ini, Super Junior akhirnya berdiri untuk diri mereka sendiri.

Sujujurnya, aku juga bangga dan bahagian pada awalnya, akan tetapi melihat lagi ke belakang tentang segala yang telah terjadi,  aku menyadari sesuatu, yaitu Super Junior tidak pernah benar-benar berdiri untuk diri mereka sendiri.

“ Jadi, meskipun aku lelah, aku harus tetap berlaku seolah semuanya baik-baik saja” – Leeteuk

“Hanya pada saat tak seorangpun mengamatiku, aku diam-diam menangis…” –sungmin

“pada akhirnya, ini masih sakit…” – Heechul

“kita membicarakan hal itu, dan mungkin menertawakan hal itu, tapi saat aku pulang… aku menangis” –eunhyuk

“Ini sulit….” –Kyuhyun

“Aku telah menahannya sekuat tenaga, ini begitu sulit …. Benar-benar sulit dan sejujur-jujurnya…” –Leeteuk

Sesuatu yang buruk terjadi pada Super Junior , tak peduli seberapa besar hal tersebut, mereka akan merasakannya, memposting satu atau dua hal tentang hal itu kemudian mengangkat bahunya  , membiarkannya berlalu dan berlaku seolah tak terjadi apapun.

Kemarin, fans yang paling menyedihkan ialah ELF.

 

 

Tapi, ada suatu kesalahan yang terjadi,  pada ELF- dan semua pertahanan,  kini runtuh!

Dan kalian akan tahu bahwa hal itu ialah hal yang benar-benar buruk ketika Siwon mulai untuk mengumpat.

Tanpa berpikir tentang reputasinya, bahkan tanpa berpikir tentang apa yang akan orang lain katakan tentangnya,  bahkan tanpa berpikir akibat dari kelakuannya tersebut –  Super Junior pun akhirnya berdiri.

Tapi, Super Junior tidak berdiri untuk diri mereka sendiri, Super Junior berdiri untuk ELF.

Beberapa orang mengatakan hal ini terlalu berlebihan, kasar dan tidak dewasa. Tapi siapa mereka yang berkata seperti itu?

Mereka hanya membaca postingan itu dan kemudian mengkomentarinya. Faktanya ialah, mereka tidak pernah tahu secara pasti apa yang benar-benar terjadi

Ini tidak benar…. Mereka seharusnya memberikan pengumuman sebelumnya, bukan? Aku akan meminta maaf demi kepentingan mereka” – Leeteuk

Maaf ya, ELF …” – Donghae

Dan kenapa mereka harus meminta maaf akan sesuatu yang bukan kesalahan mereka?

Dari pertama kali, ini semua selalu Super Junior dan ELF. ELF dan Super Junior. Dan walaupun terkadang Super Junior dan ELF bersama dengan DBSK dan Cassies dan/atau SHINee dan shawols, dan/atau fandom-fandom lain, tapi pada akhirnya, ini semua masih kita berdua – Super Junior dan ELF.

KITA BERDUA INI ADALAH APA YANG KITA PUNYA.

Mampukah kalian menyalahkan kami karena menginginkan melindungi satu sama lain?

Mampukah kalian menyalahkan kami karena berlaku dan marah juga ketika yang lain menyakiti orang yang kami cintai dan yang paling berharga untuk kami ?

Aku rasa kalian tidak akan pernah mengerti mengapa kami merupakan bagian dari Sapphire Blue Ocean.

Karena Super Junior ialah yang paling rupawan?

Lupakan masalah bias, masih banyak yang jauh lebih rupawan daripada mereka.

Bertalenta?

Grup lain dapat melakukannya seperti yang Super Junior lakukan juga, mungki lebih dari itu, mungkin lebih baik.

Karena mereka yang paling baik?

Baik, kita semua sudah tahu bahwa hal tersebut tidak benar-benar seperti itu .

Lalu mengapa?

Ketika tidak ada yang mengakui kami,ketika tidak seorangpun membantu kami. Kepada fandom terbaik yang membuat kami merasakan segalanya, ELF kami, aku benar-benar berterimakasih pada kalian lagi” –Leeteuk

Aku mencintai kalian, ELF!” –Donghae

ELF, yang berdiri dengan kami, bahkan walaupun kami masih saja kurang” –SungMin

Kami tidak bisa menerima penghargaan ini jika bukan untuk ELF” –Leeteuk

Terimakasih kepada empat puluh ribu ELF! Mari bersenang-senang lagi besok” –Yesung

Terimakasih telah menjadi ELF” –KyuHyun

Kami bukanlah apa-apa tanpa ELF

INILAH ALASANNYA.

Selama bertahun-tahun aku menjadi bagian dari fandom ini, tak pernah, tak pernah aku merasa bahwa aku hanyalah seorang FAN (penggemar). Semua yang mereka lakukan membuatku merasa bahwa “aku adalah ELF” – seorang  everlasting FRIEND (teman selamanya)  dari Super Junior.

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang membelikan hampir 600 cangkir kopi hangat untuk fans mereka yang telah melihat pertunjukan mereka pada malam yang dingin?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang bermain upik abu dengan fans mereka di bandara?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang memfoto fans mereka kemudian mempostingnya di cyworld/twitter pribadi mereka dengan judul “Terima kasih” dan “Aku cinta kalian”?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang menyusun ,membuat, dan mempersembahkan lagu-lagu special untuk fans mereka?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang berdoa dan menangis untuk fans mereka yang meninggal?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang membagikan coklat untuk fans mereka pada saat konser mereka?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang membelikan ice cream untuk fans mereka selama musim panas?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang berterimakasih sebesar-besarnya kepada penggemar mereka seakan tidak ada lagi esok hari?

Dimana lagi kalan dapat menemukan idola yang melambaikan dan membentuk lambang cinta dengan tangan mereka pada jendela hotel untuk menunjukkan betapa besar mereka menghargai fans mereka yang menunggu mereka diluar?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang meminta fans nya apa mereka mau masuk kedalam ruangan hotel karena udara diluar begitu dingin?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang menyuruh fans mereka untuk tetap menjaga kesehatan mereka?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang menunjukkan penampilan terbaik mereka walaupun mereka dalam keadaan sangat sakit hanya karena ingin menunjukkan yang terbaik untuk fans mereka?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang menjabat tangan dan memeluk fans mereka dengan erat setelah pertunjukkan?

Dimana lagi kalian dapat menemukan idola yang membungkukkan badan 90 derajat hampir 10 detik hanya untuk menunjukkan betapa berterima kasihnya mereka?

Kenapa aku seorang ELF?

Karena itu semua pantas untuk Super Junior.

Karena Super Junior pantas untuk  itu semua.

Aku adalah seorang ELF.

Karena menjadi ELF ialah sebuah penghargaan.

【CREDIT : via  @seongmins on tumblr , translate : christy sidharta 】